Wacana Kenaikan Gaji PNS di 2013 Berdasarkan Tingkat Inflasi Indonesia

jobsinpt.blogspot.com/2012/05/wacana-kenaikan-gaji-pns-di-2013.html

Perhitungan kenaikan gaji pegawai berdasarkan inflasi merupakan cara yang dilakukan banyak negara. Hal ini juga yang akan diterapkan Pemerintah dalam menentukan kenaikan gaji para PNS.

Itu praktik yang umum di banyak negara, yaitu mematok kenaikan gaji dan upah sesuai tingkat inflasi,” ujar Pengamat Ekonomi Dradjad Wibowo, Kamis (17/5/2012).

Menurut Dradjad, dengan kemampuan pemerintah menjaga inflasi maka hal ini juga bisa menekan belanja pegawai dalam APBN.

Jika inflasi bisa ditahan single digit, kebijakan ini menghemat belanja pegawai di APBN karena kenaikan belanja gaji tidak lagi 10 persen. Jika inflasi 6 persen, maka kenaikan belanja gaji akan berkurang 4 persen sehingga lebh menghemat APBN,” jelasnya.

Dradjad menambahkan, secara makro penerapan sistem tersebut cenderung baik. Pasalnya, sistem itu memberikan sinyal hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja di mana kenaikan upah semakin mendekati inflasi yang secara teori, dapat mengurangi konflik hubungan industrial.

Konflik hubungan industrial itu konflik antara perusahaan versus pekerja. Jika inflasi disepakati sebagai dasar kenaikan upah, maka kedua pihak punya benchmark yang sama. Sehingga tidak perlu ribut-ribut tentang Upah Minimum Regional (UMR) setiap tahun,” tegasnya.

Memang perlu diakui, lanjut Dradjad, ada selisih teknis karena yang dipakai biasanya inflasi tahun lalu, sementara inflasi tahun berjalan belum diketahui.

Jadi akan ada selisih sedikit yang bisa menguntungkan atau merugikan bagi PNS, tapi itu bisa diabaikan,” jelasnya.

Menurut Dradjad, yang perlu dijaga adalah daya beli riil dari pegawai supaya tidak turun. Namun, hal ini dapat diabaikan karena bagi PNS, daya beli riil mereka tidak naik kecuali produktivitas mereka naik, terutama dengan adanya sistem pemberian tunjangan berupa remunerasi.

Dari sisi konsumsi rumah tangga, saya rasa tidak akan mengurangi konsumsi agregat. Karena, konsumsi kita sekarang banyak ditopang penghasilan kelas menengah yang lebih bervariasi, bukan gaji PNS saja. Hanya praktik ini tidak mengurangi kesenjangan pendapatan dengan kelompok miskin, yang jumlahnya saya yakin lebih besar dari statistik BPS,” tandasnya. (ref : Detik)

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Berita dan Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s