Leadership, Salah Satu Faktor Berpengaruh Besar Dibalik Kesuksesan Berkarir

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/05/leadership-salah-satu-faktor.html

Nyaris semua perusahaan menjadikan “leadership” sebagai persyaratan untuk mereka menerima seorang kandidat bergabung dalam perusahaan. Namun, apakah leadership itu sendiri? Seberapa jauh dia berpengaruh pada karir seseorang? Silakan disimak.

Leadership atau jiwa kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk memengaruhi orang lain agar dapat menjalankan tanggung jawabnya sesuai rencana yang telah ditentukan. Dalam dunia kerja, leadership memegang pengaruh besar dalam menunjang karir.

Leadership : Bisa Dilihat dari CV

Perusahaan merupakan sebuah organisasi besar yang terbagi ke dalam banyak departemen, seperti personalia, finance, marketing, operation, dan lain sebagainya. Bisa kita bayangkan bagaimana jika tidak ada pihak yang mengkoordinasi masing-masing departemen, pasti menjadi tak terkendali. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin di sana.

Semua posisi membutuhkan kandidat yang memiliki leadership. Demikian disampaikan Desanggi Ayu Frananda Budiman, Assisstant Analyst Pendidikan dan Pelatihan PT PLN (Persero) Distribusi Jateng dan DIY. Menurutnya, pekerjaan sekecil apapun jika tidak dikelola dengan leadership yang baik tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Dan jiwa leadership ini dimulai dari diri sendiri. “Jadi jika kita malas dan tidak bersemangat saat diberi tugas, jiwa kepemimpinan lah yang akan mendorong diri kita,” ujar Anggi, sapaan akrabnya.

Tidak hanya S1, lulusan D3 pun membutuhkan leadership saat bekerja di lapangan. “Lulusan apapun, akan mengalami proses di posisi staf untuk kemudian manajemen. Dan proses ini membutuhkan apa yang dinamakan leadership,” terang Lucas Prana Sunarja, General Manager Human Resources Division PT Astra Honda Motor.


Menurut Lucas, sapaan akrabnya, bibit leadership seseorang sudah bisa dilihat dari proses screening CV. Misalnya, dari pengalaman organisasi yang ditulis. Namun tak hanya itu lho. Lucas juga mengungkapkan tahap wawancara bisa menjadi cara menggali potensi leadership seseorang. “Hal tersebut dilihat dari ketegasan pelamar dalam menyampaikan jawaban serta keberanian dalam berpendapat,” terangnya.

Karakter Ideal Pemimpin

Lalu, karakter apakah yang seharusnya dimiliki seorang pemimpin? pemimpin bisa diibaratkan layaknya seorang pemandu.  

“Ketika anak buah tidak tahu harus berbuat apa, dialah yang akan menawarkan solusi. Dia ibarat nakhoda untuk sebuah kapal,”
 
Eka Permana S., Section Head of People Development PT Pertamina (Persero), HR Area Jawa Bagian Tengah, mengamini pendapat tersebut. “Pemimpin harus bisa menjadi role model yang baik bagi bawahannya, seperti apa kerja yang baik itu agar mereka tetap berada dalam jalur perusahaan,” jelasnya.

Terdapat 2 (dua) karakter yang wajib dimiliki seorang pemimpin. Karakter tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Interpersonal skill, atau kemampuan untuk berinteraksi dan mempersuasi rekan kerja untuk bekerja sesuai misi perusahaan. Pemimpin juga harus bisa memberikan motivasi kepada bawahan untuk tetap bersemangat menjalankan tanggung jawabnya.
  2. Manajerial skill, artinya pemimpin harus mengetahui dan mampu mengkoordinasi tugas anak buahnya untuk kemudian melakukan evaluasi.
Satu hal yang juga cukup penting untuk menjadi seorang pemimpin adalah mengetahui karakter masing-masing bawahannya. Ibaratnya harus tahu cara mendekati anak buah. Dengan begitu, Anda akan tahu cara apa yang bisa dilakukan untuk menyampaikan sebuah pekerjaan pada bawahan.

Kabar baiknya, ternyata leadership bisa dibentuk lho! Semua itu tergantung pada kesadaran dan kemauan diri masing-masing untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat & salam sukses untuk rekan-rekan sekalian!
Tim LoKerNesia

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Tips Profesional Dunia Kerja. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s