Terapkan 4 Tips Ini Jika Anda Terlanjur Melakukan Kesalahan Kerja

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/04/terapkan-4-tips-ini-jika-anda-terlanjur.html
Kita sadari maupun tidak bahwa tidak ada orang yang sempurna. Namun, perlu diakui bahwa saat bekerja semua orang akan selalu berusaha untuk mencapai kesempurnaan. Ketika terjadi kesalahan, Anda pastinya akan merasa panik dan patah semangat. Mau minta maaf, sudah terlambat. Sementara itu, Anda tinggal menghitung waktu untuk mendapat panggilan dari bos. Bagaimana caranya agar Anda bisa segera bangkit dari kesalahan dengan cara yang anggun? Andrea Kay, penulis buku Works’ a Bitch and Then You Make It Work, memberikan empat tips singkat ini:

1. Ambil nafas. 

Ketika Anda menyadari telah berbuat kesalahan, cobalah menjauh dari “Tempat Kejadian Perkara” alias “TKP“, misalnya komputer Anda. Lalu, ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan, lakukan beberapa kali. Kalau memungkinkan, Anda juga bisa berjalan-jalan sebentar di luar. “Rasa takut dan emosi dapat membuat Anda tidak dapat berpikir jernih, sehingga bisa memicu Anda untuk mengambil tindakan yang akhirnya akan disesali,” kata Kay.

2. Akui kesalahan. 

Berharap bos tidak menemukan kesalahan Anda hingga 20 tahun ke depan? Sia-sia saja. Dalam hitungan beberapa jam, Anda mungkin sudah dipanggil olehnya untuk diminta memberikan penjelasan. “Lebih baik Anda segera datang mengakui kesalahan pada atasan. Selain itu, beritahu juga padanya apa rencana Anda supaya kesalahan yang sama tidak terjadi lagi di masa mendatang,” saran Kay.

3. Diskusikan solusinya. 

Jika kesalahan yang Anda lakukan itu sangat besar dan akan berpengaruh pada orang-orang lain di samping atasan Anda, coba minta pada bos untuk dapat ikut duduk bersama memikirkan solusinya, saran Kay. Berikan beberapa ide Anda untuk mengatasi masalah, lalu minta atasan mengadakan rapat untuk membahasnya bersama rekan lainnya. Bahkan jika atasan menganggap dia orang yang lebih tepat untuk menyelesaikan masalah, setidaknya Anda telah menunjukkan inisiatif untuk mencari solusi.

4. Jangan patah semangat. 

Cara terbaik untuk bisa bangkit setelah melakukan kesalahan adalah dengan bekerja lebih keras lagi,” papar Kay. Alih-alih menyembunyikan diri dan tenggelam dalam rasa minder, lebih baik berusaha untuk tetap percaya diri dan selesaikan semua pekerjaan yang menanti dengan usaha terbaik. Apabila hasilnya nanti memuaskan, dengan sendirinya orang akan mau memaafkan kesalahan Anda sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Rekan-rekan sekalian!

Tim LoKerNesia

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Tips Profesional Dunia Kerja. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s