Mengapa Kemampuan Bahasa Asing Sangat Penting bagi Kemajuan Karir Anda?

jobsinpt.blogspot.com/2012/04/mengapa-kemampuan-bahasa-asing-sangat.html

Tak bisa dipungkiri, kemajuan jaman semakin menuntut semua sektor kehidupan untuk bisa terhubung satu sama lain. Dan tentu saja untuk berkomunikasi dengan yang lain, Anda membutuhkan bahasa.

Bahasa Inggris menjadi bahasa pergaulan dunia. Boleh saja bagi Anda menguasai berbagai bahasa asing, namun sepertinya Bahasa Inggris wajib masuk dalam daftar bahasa yang Anda kuasai. “Meskipun perusahaannya dari Perancis, namun ternyata Anda perlu menguasai Bahasa Inggris karena pewawancaranya belum tentu datang dari Perancis,” terang Agus Nugroho, atau yang biasa dipanggil Aga, General Manager English Made Easy (EME).

Bahasa dan Karir

Seberapa penting kemahiran berbahasa asing terhadap karir Anda?

Tergantung Anda bekerja di mana, mungkin misalnya Anda bekerja mengolah kebun karet, bahasa asing tidak terlalu penting,” kelakar Aga. Namun menurut Aga, bagi Anda yang ingin bekerja di sebuah perusahaan, bahasa asing sangatlah penting untuk menunjang karir.

Jangankan untuk menunjang karir, bahkan saat Anda akan mencari karir pun Bahasa Inggris sudah digunakan,” ungkap Ummu Hani, HRD Staff Bank of Tokyo. Tes seleksi kerja banyak yang mengharuskan Anda menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris, baik dengan tes wawancara ataupun tes tertulis. “Terkadang pintar, namun dia tidak bisa mengungkapkannya dengan Bahasa Inggris, kan sayang sekali,” ujar Ummu, sapaan akrabnya.

Jika saat mencari kerja pun sudah penting, tentu saja bahasa asing semakin berguna saat sudah diterima kerja. Banyak posisi-posisi penting di perusahaan diisi oleh orang asing. Naik tidaknya karir seseorang sangat dipengaruhi pada bagaimana dia bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak, khususnya atasan. Jika seseorang mampu menyampaikan ide gemilang bagi perusahaan, tentu atasan pun akan meliriknya sebagai karyawan berprestasi. Namun, apa jadinya jika seseorang sulit menyampaikan ide-ide tersebut karena terkendala bahasa? Pasti sangat disayangkan.

Kenali Bahasa Asal Perusahaan

Bahasa asing tentu beragam. Demikian halnya dengan perusahaan. Ada perusahaan asli dari Indonesia, namun ada pula perusahaan asing. Lalu, bahasa asing apa yang sebaiknya kita kuasai?

Menurut Ummu, bahasa yang pasti harus dikuasai seseorang adalah Bahasa Inggris. bahasa kedua yang bisa dikuasai bergantung pada asal perusahaan yang akan dilamar. “Misalnya, perusahaan itu asli dari Jepang, mungkin bisa juga belajar bahasa Jepang,” tutur Ummu.

Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Indonesia Masih Rendah

Meski penting bagi karir, namun ternyata kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia masih tergolong rendah. Seperti dilansir dalam kompas.com, lembaga pendidikan dunia English First (EF) mengumumkan laporan komprehensif pertama tentang indeks kemampuan berbahasa Inggris atau EF English Proficiency Index (EF EPI) di 44 negara.

EF EPI merupakan indeks yang didapat dari membandingkan kemampuan berbahasa Inggris orang dewasa di berbagai negara. EF kali ini mengambil 44 negara yang memiliki bahasa ibu selain Bahasa Inggris. EF mengambil responden lebih dari 2 juta orang di negara-negara tersebut. Responden menggunakan tes gratis secara online selama periode 2007 – 2009.

Dari data selama tiga tahun tersebut, didapat hasil bahwa kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia menduduki peringkat ke-34. Sedangkan Malaysia menyabet peringkat ke-9. EF EPI juga menemukan korelasi antara kemampuan berbahasa Inggris dengan penghasilan seseorang. “Di era kompetisi dan ekonomi global, kemampuan berbahasa Inggris adalah mutlak diperlukan untuk bekerja” kata Bill Fisher, Presiden divisi online EF Englishtown seperti dilansir dalam kompas.com.

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Tips mendapatkan Karir Impian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s