Bank Indonesia akan Kaji Keuntungan Zona Satu Waktu

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/03/bank-indonesia-akan-kaji-keuntungan.html

Dilansir dari Okezone, di Jakarta. Wacana pemerintah untuk menyatukan tiga zona waktu Indonesia disambut baik Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution. Menurutnya, ide tersebut akan mendatangkan berbagai keuntungan.

Kita memang baru tahu dan kita baru melakukan kajian. Tapi, ide itu sendiri ya baguslah, cuma nanti kita lihat benefit apa saja yang bisa terjadi,” ujar Darmin usai pelantikan satuan kerja pejabat BI di kantornya, Jakarta, Senin (12/3/2012).

Darmin memang belum dapat mengungkapkan secara rinci keuntungan yang bisa didapat dari penyatuan zona waktu karena masih dalam tahap pengkajian. Namun, menurutnya sektor yang paling akan terlihat dampaknya dari wacana ini ialah pasar modal.

Dia mencontohkan, kalau pada pukul 16.00 WIB transaksi di pasar modal sudah tutup, di wilayah lainnya di bagian timur justru sudah tutup dua jam lebih awal. Padahal, kalau waktunya bisa dilakukan bersamaan transaksi cost bisa ditekan. “Kalau nanti jadi satu barangkali kan transaksi cost dan macam-macamnya akan jauh lebih murah,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, penerapan zona satu waktu diyakini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 20 persen. Pembagian waktu (WIB, WIT, WITA) di Indonesia, disinyalir salah satu faktor penghambat peningkatan produktivitas berbagai sektor terutama ekonomi dan bisnis.

Kepala Divisi Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim menjelaskan, peningkatan tersebut karena pertambahan angkatan kerja dari 190 juta orang menjadi 240 orang yang akan melakukan pekerjaannya secara bersama-sama.

Dalam berbagai transaksi bisnis, Indonesia sering kalah bersaing. Misalnya jadwal terbang Garuda yang selalu satu jam lebih lambat dari maskapai lain. Hal serupa juga dirasakan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menurutnya kalah satu jam dengan bursa efek di Hong Kong dan Shanghai.

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Berita dan Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s