Perekonomian China Melambat, Indonesia Dapat Terpengaruh

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/03/perekonomian-china-melambat-indonesia.html

China telah mengumumkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5% di tahun 2012, target terendah China sejak tahun 2004. Menurut para analis, melambatnya pertumbuhan ekonomi China akan sangat berpengaruh terhadap negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia dan Filipina.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mampu meraih pertumbuhan ekonomi hingga lebih dari 6% di tengah ketidakstabilan perekonomian dunia akibat krisis Eropa. Indonesia mampu bertahan dari krisis tersebut karena permintaan domestik yang kuat serta hubungan perdagangan dengan China dan negara besar Asia lainnya masih berjalan lancar.

Namun, Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala Mansury, menyatakan bahwa situasi yang terjadi di China dan India saat ini merupakan satu tanda bahaya. Indonesia diprediksi bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 6% tahun ini, namun keadaan bisa memburuk jika perekonomian China serta India terus melambat.

Para ahli ekonomi berpendapat satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan kembali memotong suku bunga. Sebelumnya, Bank Indonesia telah memotong suku bunga sebanyak 3 kali untuk mengantisipasi tingginya inflasi akibat kenaikan harga BBM dan memburuknya kondisi ekonomi di Eropa.


sumber referensi artikel : BUMN official webpage

About downloadvideonaruto

Download Video Naruto
This entry was posted in Berita dan Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s